Kamis, 22 Juli 2010

TOKO SEBAGAI RANTAI DISTRIBUSI






Pada saat ini persaingan pemasaran produk semakin ketat. Rantai distribusi paling akhir yang menjadi sapi perah adalah para Toko pengecer. Di Toko pengecer inilah produsen berusaha semaksimal mungkin memberdayakan, baik selling in dan selling out. Tapi sayang sampai hari ini para Toko pengecer ini, terutama yang masih tradisional hidupnya kembang kempis oleh desakan toko modern yang semakin bertebaran. Sementara toko modern telah memiliki pengetahuan cukup baik mengenai berbagai hal seperti merchandising, visible dan availabale, display, serta berbagai istilah yang mendorong impulse buying. Para pengelola toko pengecer tidak tahu dan sadar kalau apa yang selama ini didorong bahkan setengah dipaksakan agar produk-produk dipajang di etalse dan rak adalah wujud mengatasi perang berkepanjangan dalam memasarkan produk.
Belum lagi layanan yang diberikan para pengecer tradisional, amat berbeda dengan toko modern. Kondisi ruangan, udara dalam ruangan, keharuman ruangan dan suara di dalam ruangan kondisi lebih baik di toko modern. Toko pengecer juga belum memahami bahwa hubungan dengan supplier sangat penting untuk perkembangan toko. Mereka menganggap bisa jualan kalau bisa jual murah. Mereka mengganggap bahwa sekarang ini sudah tidak bisa bersaing dengan para toko modern. banyak sekali keluhan dan keputusasaan mereka yang tercermin dari wajah-wajahnya. Oleh sebab itu ketika Petro Kimia mulai membina mereka dengan memberikan pelatihan agar usaha mereka bisa maju, berkembang dan meraih penjualan yang cukup baik. maka mereka dengan antusias mengikuti pelatihan itu, meskipun durasi latihan 6 jam sehari selama 3 hari, dari mereka tetap semangat. SEKARANG PERTANYAANNYA, SIAPA YANG MAU PERDULI TERHADAP PENGEMBANGAN TOKO ECERAN MEREKA. MANA PRODUSEN DAN SUPPLIER YANG MEMASOK TOKO PENGECER TERSEBUT. TIDAKAH TERSENTUH HATINYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SKILL MEREKA AGAR BISA TETAP MENJADI RANTAI DISTRIBUSI YANG PALING AKHIR.
KAMI MENGUNDANG PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SEPERTI : UNILEVER, WING SURYA, HM. SAMPOERNA, DANONE, KRAF, GARUDA FOOD, P&G, PT. SOFTEX INDONESIA, SERTA PERUSAHAAN LAINNYA UNTUK BANTU MEREKA AGAR MEREKA TETAP SURVIVE DI TENGAH GELOMBANG PERSAINGAN YANG BEGITU DAHSYAT!!!

Tidak ada komentar: