Pada akhirnya, sebuah bisnis selalu
berakhir pada perhitungan apakah menguntungkan atau tidak. Namun, pada
kenyataannya usaha distributor yang tidak menangguk keuntungan dan kemudian
ditutup jumlahnya sudah puluhan, bahkan ratusan. Oleh sebab itu, agar tidak
termasuk dalam daftar distributor yang tidak menangguk untung sepanjang tahun,
sebaiknya Anda mulai memikirkan ulang kinerja distributor yang selama ini
dikelola. Pada buku ini terdapat berbagai hal menarik yang berkaitan dengan
kinerja distributor, seperti memetakan distributor dengan mengunakan Business
Model Canvas yang di dalamnya diulas mengenai : Key Partner, Key Activities,
Key Resource, value proposition, customer relationship, customer segments,
channel, revenue stream dan cost structur. Selain itu di buku ini juga diulas 30
kesalahan yang dilakukan oleh distributor selama ini antara lain:
· Distributor tidak melakukan fungsi distribusi
· Distributor tidak memelihara wilayah perbatasan
· Distributor menolak produk baru
· Distributor tidak menjalankan SOP yang dibuatnya sendiri
· Distributor memberi potongan harga di luar ketentuan
· Distributor tidak memperhitungkan berbagai fasilitas yang diberikan oleh prinsipal
· Distributor selalu melihat prinsipal sebagai musuh, bukan sebagai partner
· Distributor tidak berterus terang mengenai masalah keuangan kepada produsen
· Distributor tidak menggunakan sistem TI yang cukup baik
· Distributor selama kerja tidak menghimpun basis data pelanggan
· Distributor mengundurkan diri sebelum kontrak kerja dengan prinsipal selesai
· Distributor mengira tugasnya adalah sebagai pedagang
· Distributor bekerja di luar wilayah yang ditetapkan oleh produsen
· Distributor tidak memelihara wilayah perbatasan
· Distributor menolak produk baru
· Distributor tidak menjalankan SOP yang dibuatnya sendiri
· Distributor memberi potongan harga di luar ketentuan
· Distributor tidak memperhitungkan berbagai fasilitas yang diberikan oleh prinsipal
· Distributor selalu melihat prinsipal sebagai musuh, bukan sebagai partner
· Distributor tidak berterus terang mengenai masalah keuangan kepada produsen
· Distributor tidak menggunakan sistem TI yang cukup baik
· Distributor selama kerja tidak menghimpun basis data pelanggan
· Distributor mengundurkan diri sebelum kontrak kerja dengan prinsipal selesai
· Distributor mengira tugasnya adalah sebagai pedagang
· Distributor bekerja di luar wilayah yang ditetapkan oleh produsen
Buku ini sangat baik dibaca oleh para
pemilik Distributor, para jajaran tim sales dan marketing Principal, praktisi
sales dan marketing, para peminat usaha di bidang distribusi, serta para akademisi
dan dosen pengajar entrepreneur. Buku ini sangat direfrensikan karena ditulis
seorang konsultan yang sudah ratusan kali membantu pemilik distributor dan
manufacturing dalam mendistribusikan produk-produknya. Untuk itu, sebaiknya cermati
satu per satu bagian buku ini untuk mendapatkan gambaran yang gamblang mengenai
bagaimana seharusnya usaha distributor dikembangkan dengan baik, tanpa harus
merugi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar