Perlukah Handling complain? Filosofi marketing berbunyi ”satu pelanggan kecewa maka akan ada seribu pelanggan lainnya juga kecewa”. Kalau menyimak filosofi itu, maka jawabnya adalah sangat perlu, sebab tanpa handling komplin yang baik, bisa dipastikan brand image terhadap produk dan jasa perusahaan anda lambat laun akan menurun.
Handling komplin sebenarnya tidaklah sulit selama customer service mengetahui langkah-langkah yang tepat. Langkah langkah itu antara lain:
1. Dengarlah komplain dari konsumen anda dengan baik dan seksama, sebab dengan mendengarkan komplain konsumen, anda akan membantu pelanggan itu menemukan solusinya atas kesulitan selama menggunakan produk anda.
2. Catatlah komplain pelanggan anda dengan cermat dan lengkap.
3. Analisalah kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan, baik oleh bagian produksi, bagian pelaksana maupun customer service itu sendiri.
4. Lakukanlah perbaikan terus menerus dengan memonitor setiap kemajuan.
5. Tindaklanjutilah pelanggan anda yang komplain tadi sampai pelanggan anda puas.
6. Buatlah record atas semua komplain yang terjadi di perusahaan anda.
Langkah-langkah diatas akan sangat ampuh dan membantu perusahaan anda dalam mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk maupun jasa anda. Pesan ini dipersembahkan oleh Gro-edu education & Training Indonesia.
Handling komplin sebenarnya tidaklah sulit selama customer service mengetahui langkah-langkah yang tepat. Langkah langkah itu antara lain:
1. Dengarlah komplain dari konsumen anda dengan baik dan seksama, sebab dengan mendengarkan komplain konsumen, anda akan membantu pelanggan itu menemukan solusinya atas kesulitan selama menggunakan produk anda.
2. Catatlah komplain pelanggan anda dengan cermat dan lengkap.
3. Analisalah kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan, baik oleh bagian produksi, bagian pelaksana maupun customer service itu sendiri.
4. Lakukanlah perbaikan terus menerus dengan memonitor setiap kemajuan.
5. Tindaklanjutilah pelanggan anda yang komplain tadi sampai pelanggan anda puas.
6. Buatlah record atas semua komplain yang terjadi di perusahaan anda.
Langkah-langkah diatas akan sangat ampuh dan membantu perusahaan anda dalam mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk maupun jasa anda. Pesan ini dipersembahkan oleh Gro-edu education & Training Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar